APLIKASI INTERNET


  • Archie: Sebuah program utility untuk mencari di anonymous FTP yang terdaftar untuk sebuah file atau topik tertentu. Pada hari ini sudah obsolete dengan adanya Web.
  • BGP: Border Gateway Protocol versi 4 (BGP-4) adalah sebuah exterior routing protocol berbasis distance vector yang banyak digunakan untuk sambungan antar ISP atau antara ISP dengan lokasi pelanggan, jika pelanggan mempunyai beberapa sambungan ke Internet sekaligus.
  • DNS: Domain Name System mendefinisikan struktur nama dengan IP address-nya maupun dengan mail dan name server.
  • Finger: Digunakan untuk melihat status sebuah mesin dan / atau penggunanya, berbasis pada . Tidak lagi di gunakan karena masalah keamanan jaringan.
  • FTP: File Transfer Protocol yangmemungkinkan pengguna untuk mentransfer file ke computer lain, berdasarka.
  • Gopher: Sebuah tool / utility yang memungkinkan pengguna untuk mencari data di repository menggunakan interface yang memiliki menu dan hirarki. Pada hari ini tidak lagi digunakan karena digantikan dengan Web.
  • HTTP: Hypertext Transfer Protocol adalah dasar dari pertukaran informasi melalui Web / World Wide Web (WWW). Ada banyak versi dari HTTP yang digunakan di Internet, dengan HTTP versi 1.0 (RFC 1945) (http://www.isi.edu/in-notes/rfc1945.txt) yang paling baru. Halaman WWW ditulis dalam Hypertext Markup Language (HTML), berbasis ASCII, yang merupakan bahasa formatting yang platform-independent (RFC 1866) (http://www.isi.edu/in-notes/rfc1866.txt).
  • IMAP: Internet Mail Access Protocol merupakan alternative dari POP sebagai interface antara user mail client software dengan e-mail server, digunakan untuk mengambil e-mail dengan lebih banyak flexibilitas dalam managemen mailbox.
  • OSPF: Open Shortest Path First versi 2 (OSPFv2) adalah protocol routing berbasis link state yang digunakan di dalam jaringan corporate. OSPF sering disebut sebagai interior gateway protocol.
  • Ping: Program Utility yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui status sebuah mesin dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai mesin tersebut. Ping menggunakan message ICMP Echo.
  • POP: Post Office Protocol mendefinisikan interface sederhana antara software user client (seperti Eudora, Outlook) dengan e-mail server, digunakan untuk mengambil e-mail dari server, sehingga client dapat me-manage mailbox-nya. Versi terakhir adalah POP3 (RFC 1460) (http://www.isi.edu/in-notes/rfc1460.txt).
  • RADIUS: Remote Authentication Dial-In User Service (RADIUS) adalah protocol untuk mengauthentikasi pengguna dial-up, biasanya digunakan di ISP yang menggunakan telepon.
  • RIP: Routing Information Protocol (RIP) adalah protokol routing berbasis distance-vector digunakan di dalam jaringan sebuah organisasi.
  • SSH: Protocol Secure Shell memungkinkan pengguna untuk login ke mesin lain di Internet, seperti halnya Telnet. Berbeda dengan Telnet, SSH akan mengenkrop password maupun data yang dikirim.
  • SMTP: Simple Mail Transfer Protocol adalah protokol standard untuk mengirimkan e-mail di Internet (RFC 821) (http://www.isi.edu/in-notes/rfc821.txt). SMTP digunakan antar e-mail server di Internet dan memungkinkan pengguna untuk mengirimkan mail ke server. RFC 822 (http://www.isi.edu/in-notes/rfc822.txt) secara khusus menerangkan format dari message di sebuah mail, sedang RFC 1521 (http://www.isi.edu/in-notes/rfc1521.txt) dan 1522 (http://www.isi.edu/in-notes/rfc1522.txt) menjelaskan MIME (Multipurpose Internet Mail Extensions). Beberapa buku referensi tentang elektronik mail termasuk !%@:: Addressing and Networks oleh D. Frey dan R. Adams (O'Reilly & Associates, 1993) dan THE INTERNET MESSAGE: Closing the Book With Electronic Mail oleh M. Rose (PTR Prentice Hall, 1993).
  • SNMP: Simple Network Management Protocol mendefinisikan prosedur dan database informasi managemen untuk mengatur peralatan jaringan yang berbasis TCP/IP. SNMP (RFC 1157) (http://www.isi.edu/in-notes/rfc1157.txt) pada hari ini banyak di implementasikan di jaringan local maupun di jaringan wide area network. SNMP Versi 2 (SNMPv2, RFC 1441) (http://www.isi.edu/in-notes/rfc1441.txt) menambahkan mekanisme keamanan yang tidak ada di SNMP, tapi lumayan kompleks. Penggunakan SNMPv2 semoga menjadi lebih luas. Informasi tambahan tentang SNMP dan manajemen di jaringan berbasis TCP/IP dapat di peroleh di buku SNMP oleh S. Feit (McGraw-Hill, 1994) dan THE SIMPLE BOOK: An Introduction to Internet Management, 2/e, oleh M. Rose (PTR Prentice Hall, 1994).
  • SSL: Secure Sockets Layer (SSL), dirancang oleh Netscape, memberikan mekanisme untuk berkomunikasi yang aman di Internet. SSL berbasis sertifikat dan kriptografi menggunakan kunci public. Aplikasi SSL yang sering kita gunakan adalah HTTP di atas SSL, yang lebih sering dikenal sebagai HTTPS. Versi baru SSL di kenal sebagai Transport Layer Security (TLS) (RFC 2246) (http://www.isi.edu/in-notes/rfc2246.txt). SSL tidak spesifik HTTP; protokol seperti IMAP4 (imaps), FTP (ftps), Telnet (telnets), dan POP3 (pop3s) semua mempunyai definisi untuk beroperasi di atas SSL.
  • TACACS+: The Terminal Access Controller Access Control System plus adalah sebuah protocol untuk remote akses.
  • Telnet: Kependekan dari Telecommunication Network, sebuah protokol virtual terminal yang memungkinkan seorang pengguna untuk logon ke sebuah mesin TCP/IP untuk mengakses ke mesin lain di jaringan. Telnet di jelaskan di RFC 854 (http://www.isi.edu/in-notes/rfc854.txt).
  • TFTP: Trivial File Transfer Protocol (TFTP) digunakan untuk beberapa aplikasi special yang membutuhkan file transfer sederhana.
  • Time/NTP: Time dan Network Time Protocol (NTP) digunakan oleh mesin di Internet untuk mensinkronkan waktu mereka dengan time server yang ada di Internet.
  • Traceroute: Sebuah tool yang dapat menayangkan routing yang diambil sebuah paket yang berjalan di Internet dari mesin local ke mesin remote tujuan. Di Linux / Unix telah tersedia perintah traceroute. Di Windows, mulai Windows 95 telah tersedia perintah tracert.
  • Whois/NICNAME: Program utility untuk mencari informasi di database tentang Internet Domain dan informasi domain kontak. Whois di jelaskan di RFC 3912 ( http://www.isi.edu/in-notes/rfc3912.txt)